Dalam membuat tujuan atau target, selama ini kita kenal istilah SMART yaitu Specific, Measurable, Achievable, Realistic dan Time Table. Jadi, dalam membuat target harus spesifik, terukur, bisa diraih, realistis dan ada target waktunya.

Ternyata, oleh Adam Khoo kunci membuat tujuan itu diubah menjadi:
1. Spesifik dan terukur
2. Bergairah dan menggembirakan
3. Lompatan tujuan untuk mendapatkan hasil yang besar.

Point ketiga inilah yang membuat saya surprise. Kebanyakan orang, termasuk saya membuat tujuan secara inkremental. Misalnya, tahun ini penghasilan per bulan adalah Rp. 10 juta. Target tahun depan adalah Rp. 12 juta. Menurut Adam Khoo, tujuan melompat (quantum leap) adalah bila anda menginginkan penghasilan Rp. 100 juta per bulan. Menurutnya, tujuan yang melompat akan sangat memberdayakan. Membuat tujuan yang melompat jauh lebih menggembirakan dibanding tujuan yang meningkat secara inkremental. Jika tujuan itu tidak menggembirakan, secara emosional kita tidak memiliki penggerak yang kuat untuk mencapainya.

Secara akal sehat dan logika, tujuan melompat ini tidak sulit untuk dijelaskan. Hanya imajinasi dan keyakinanlah yang bisa menjelaskannya. Secara logika, itu adalah hal yang mustahil. Tapi, percaya atau tidak, banyak yang telah membuktikannya. Contohnya Adam Khoo itu. Di usia 26, ketika teman sebayanya rata-rata berpenghasilan $ 24.000 per tahun, dia sudah berhasil menembus penghasilan $ 1.000.000. Dari seorang berperingkat paling bawah di sekolah bisa masuk junior college di negerinya, Singapura.

Tujuan yang melompat menghasilkan strategi yang melompat juga. Jelas beda dong. Strategi untuk mendapatkan penghasilan Rp. 50 juta per tahun jelas berbeda dengan strategi untuk mendapatkan Rp. 1 milyar setahun. Tujuan melompat akan memaksa otak kita untuk berpikir "out of the box". Otak kita dipaksa untuk memikirkan cara-cara baru dan paradigma baru untuk mencapainya, dibandingkan tujuan inkremental yang hanya menaikkan sedikit daya dan upaya kita untuk mencapainya.

Dengan menetapkan tujuan yang melompat akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Teringat pernyataan dari Pak Tung DW yang mengatakan yang penting bukan seberapa banyak kekayaan anda, tapi seberapa cepat anda mencapainya. Artinya, anda pasti akan mendapatkan uang 1 milyar. Semua orang pasti akan mendapatkannya. Pertanyaannya adalah, berapa lama? Itu masalahnya. Dengan penghasilan Rp. 2 juta per bulan anda PASTI akan dapat 1 Milyar dalam 500 bulan atau 41,7 tahun. Bisakah angka 1 milyar itu dicapai dalam waktu 1 tahun atau 1 bulan saja? Itu yang menarik dan menantang. Tujuan itu akan membuat otak kita berpikir keras untuk mencapainya. Perlu adanya perubahan strategi, cara dan upaya untuk mencapainya.

Fenomena bisnis ekonomi saat ini tidak lepas dari penerapan tujuan yang melompat dan cara berpikir out of the box ini. Bill Gates (Microsoft), Michael Dell (Dell Computer), Jeff Bezos (Amazon.com), Jerry Yang (Yahoo!) adalah para pemikir out of the box yang telah membuktikannya. Negara seperti Jepang, Korea, Singapura adalah contoh negara yang mampu berpikir out of the box yang bangkit dari ketidak berdayaan secara sumber daya alam dan letak geografis menjadi kekuatan ekonomi yang dahsyat di dunia.

Bagaimana dengan di Indonesia? Pastinya banyak juga. Beberapa di antaranya adalah: Tung DW, Andrie Wongso (motivator no.1 di Indonesia, tidak tamat SD), Aa Gym, Purdie Chandra (Primagama), Puspo Wardoyo (Ayam Bakar Wong Solo), Made (Edam Burger), Sukiatno Nugroho (Es Teler 77), Jhonny Andrean (Bread Talk dan Donat J.Co), Chairul Tanjung (Bank Mega, TransTV), Sandy Uno (Saratoga Capital), Harry Tanoesoedibjo (Bhakti Investama). Daftar ini bisa panjang. Merekalah para pejuang from zero to hero. Hasil yang mereka peroleh, jelas merupakan lompatan kuantum yang membuat decak kagum.

Mungkinkah ini kita ikuti? Jawabnya: sangat mungkin. Sudah banyak yang membuktikannya. Mau bukti apa lagi. So, alasan apa lagi untuk kita untuk tidak dapat mengikuti jejak langkah mereka? Pertanyaan ini sekaligus juga menantang saya pribadi. Ayo, kita sama-sama buktikan. Siap? Go! Go! Go! Saya pasti bisa, anda pasti bisa!

Salam FUUUNtastic!
Ayo, buat lompatan kuantum dalam hidup dan bisnis kita...

0 komentar