Tanggal 21 April 2006, pemerintah Indonesia menganugrahkan penghargaan Kartini untuk Anne Ahira. Acara penganugerahannya di lakukan di kawasan Ancol Jakarta Utara. Penghargaan tersebut dianugrahkan kepada Ahira atas prestasinya dan jasanya dalam mengemabangkan profesi intemet marketing di Indonesia bahkan di tingkat internasional.

Internet marketing untuk masyarakat Indonesia memang masih relatif baru. Tetapi Anne Ahira yakin banyak orang Indonesia yang menekuni profesi ini, bahkan sebelum Anne terjun ke profesi ini. Tapi umumnya target pasarnya hanya bersifat lokal.

Dunia intemet itu sama dengan di dunia riil, sama dengan di off line. Ada komunitas-komunitas di dalamnya. Ada yang berprofesi sebagai guru, pedagang, dokter, jurnalis. Nah, di internet marketing juga begitu. Di dalamnya ada kumpulan orang-orang yang suka chating, ada yang suka musik, ada juga penjual seperti saya Anne Ahira.

Yang dijalankan oleh Anne Ahira selama ini adalah afiliate marketing dan network marketing. Pada dasamya keduanya sama, yaitu sama-sama menjual. Hanya, dalam sistem pembayarannya, keduanya bisa berbeda. Pada afiliate marketing, sekali jual, putus. Misalnya kita mau menjual majalah dengan harga modal Rp 13.000. Kemudian kita jual dengan harga Rp 15.000. Berarti kita dapat untung sebesar Rp 2.000. Kalau kita ingin punya penghasilan Rp 200.000, kita harus menjual sebanyak 100 majalah. Jadi begitu, sekali jual putus.

Demikian pula halnya dengan menjual produk lain. Apa saja yang penting modelnya seperti itu. Kalau di internet itu namanya afiliate marketing. Yang seperti ini biasa juga disebut sebagai reseller, atau associated program.

Sumber: MODS, asianbraincommunity.com

0 komentar