All,

Saya jadi inget mengenai MASSVE dan PASSIVE Income
yang “diperkenalkan” oleh pak TDW kepada saya......
pada seminar “Retired Young, Retired Rich” (Kiyosaki)
pada tahun 2005 (klo ga salah) digedung Citibank
(sebelah gedung BEJ), Senayan.

Kenapa saya begitu ingat tentang seminar tsb.....
karena saya, sebagai penggemar Kiyosaki, tidak pernah
baca mengenai Massive Income dalam buku2 Kiyosaki....
koq TDW ngomongin Massive Income (dalam seminar itu).
Oleh sebab itu setelah seminar tsb saya “kejar”
TDW.... saya meminta konfirmasi mengenai Massive
Income ini.... saya telp, sms dan email beliau. Karena
itu, saya jadi ingat sekali seminar tsb.

Saya juga jadi teringat-kembali bahwa pada seminar
tsb, TDW memperkenalkan kepada audience 2 “orang
hebat” dalam lingkungan beliau yaitu pak Roni dan ibu
Holijah.... yang segera setelah seminar ke-2 “orang
hebat” tsb saya temui secara pribadi.... waktu itu
saya lagi giat2nya menjadi “drakula”..... yang haus
atau harus “menyerap” (bukan menghisap lho...) energi
positif dari semua “orang2 hebat”. Saya temui dan
berjabat-tangan (media penyerapan) dengan ke-2 “orang
hebat” tsb.

Tak terasa.... tanpa direncanakan.... tanpa diatur
sebelumnya.... ternyata saat ini saya
ber-interaksi/berhubungan-erat dengan ke-2 “orang
hebat” tersebut..... yaitu pak Roni Badroni (sang
“Provokator” dan “inspirator” saya) dan ibu Holijah
Siregar (penasehat KEU dan Pajak saya).


Kembali ke Massive dan Passive Income.

Fokus saya adalah ke INCOME....

Jadi mo dari Passive, Active, Massive ataupun Multiple
Source of Income (MSI)..... tidak ada masalah....
bergantung pada oportuniti atau kesempatan yang ada
dihadapan saya.

Sumber2 Income tersebut di atas adalah “pilihan”.
Kita akan punya “pilihan”, jika ada “oportuniti”
(kesempatan).
Kita akan mendapatkan/melihat (suatu) “oportuniti”
(kesempatan), jika selalu berpikir secara positif
(“positif thinking”).

Apapun pilihan kita.... tidak menjadi masalah, buat
saya...

JADI....,
Saya pilih TDA.... bukan TDB atau Amphibi....
Apa pilihan anda...???
eeechh... koq jadi kesini pembahasannya.... (pesan
sponsor nich...)
He...he...he...

Nah...
Dalam permainan Cashflow Game 101 (CFG-101
Kiyosaki)...
Saya mengerti/melihat bahwa “oportuniti” (kesempatan)
itu...
... letaknya “DILUAR KONTROL” kita........

Oportunity (kesempatan)....,
... adalah yang selalu diharapkan orang...
... adalah yang di-tunggu2 orang..........
... adalah yang selalu di-impi2kan orang..

Tapi....,
bagaimana kita mo punya Massive Income, klo kesempatan
untuk itu tidak/belum datang..?
bagaimana kita mo punya Passive Income, klo kesempatan
untuk itu tidak/belum datang..?


Bagaimana dengan saya, Massive atau Passive Income
dulu?

Saya fokus ke Income.... atau tepatnya cashflow....
Saya optimumkan semua harta yang saya miliki... agar
menghasilkan income...

Nah...
Dalam permainan Cashflow Game 101 (CFG-101
Kiyosaki)...
Saya mengerti/melihat bahwa harta kita (baik yang
sebagai Asset maupun Liabiliti)...
... adalah 100% berada di DALAM KONTROL kita....

Saya juga mengerti dan memahami bahwa....
melakukan “terhadap sesuatu yang 100% berada di DALAM
KONTROL kita”....
adalah hal yang paling mudah...

KARENA....
kita tidak bergantung pada “durian runtuh”...
.... tidak bergantung pada suntikan modal (yang ga
datang2)....
.... tidak bergantung pada kesempatan (yang ga
datang2)........
.... tidak bergantung pada iklim
ekonomi.......................
.... tidak bergantung pada tinggi/rendah-nya bunga
bank........
.... tidak bergantung pada musim hujan, musim
kering...........
.... tidak bergantung pada musim salak, durian,
rambutan.......

BUKTI-nya.... komunitas TDA membuka beberapa
toko/kegiatan bisnis saat ini...
Karena....
kita tidak bergantung pada “durian runtuh”...
.... tidak bergantung pada suntikan
modal......................
.... tidak bergantung pada
kesempatan..........................
.... tidak bergantung pada iklim
ekonomi.......................
.... tidak bergantung pada tinggi/rendah-nya bunga
bank........
.... tidak bergantung pada musim hujan, musim
kering...........
.... tidak bergantung pada musim salak, durian,
rambutan.......

JADI...,
Hanya dengan “positive thinking” aja....
Maka oportuniti yang 100% ada di DALAM KONTROL kita...
Sudah bisa kita kerjakan...

Dengan memahami mana harta yang sebagai ASSET dan mana
yang sebagai LIABILITI...
Dengan melakukan “asset management”.... yaitu dengan
“memindahkan” harta yang Liabiti menjadi harta yang
Asset....

HASIL-nya saya punya ACTIVE dan PASSIVE Income... yang
jaaauuuuuh lebih besar daripada ketika saya masih
bekerja (makan gaji)....

PADAHAL nilai harta saya (baik yang sebagai Asset
maupun yang sebagai Liabiliti).... relatif masih sama
besar ketika saya keluar dari kerjaan 3 tahun yll.


Bagaimana dengan MASSIVE Income saya?

Nah....
Saat ini atau tepatnya tgl 24 Juni 2006 yll.... saya
menyaksikan penanda-tanganan kontrak jual-beli
batubara senilai usd.8juta per bulan selama 5
tahun....
“klo sampe kontrak ini berhasil di-realisasi-kan”....
maka saya akan mendapatkan Massive Income setiap
bulannya selama 5 tahun kedepan.

Kenapa saya sebutkan “klo sampe kontrak ini berhasil
di-realisasi-kan”....

Karena....
Apakah kontrak ini benar2 dapat di-realisasi-kan....
hampir semuanya berada DILUAR KONTROL saya.
... bergantung pada hasil
“site-visit”.............................
... bergantung pada hasil “surveyor
report”........................
... bergantung pada apakah Letter of Credit-nya terbit
“on-time”...
... bergantung pada apakah Letter of Credit-nya
“workable”.........
... bergantung pada apakah Performance Bond-nya terbit
“on-time”...
... bergantung pada kesiapan barang untuk
dikapalkan...............
... bergantung pada apakah Vessel-nya
“ready”......................
... bergantung pada apakah loading
rate-nya........................
... bergantung pada... pada.... pada...
pada.......................


KESIMPULAN.
- Fokus saya ke INCOME...

- Selalu perpikiran positif (positive thinking)...
- Karena oportuniti/kesempatan yang DIDALAM KONTROL
kita, sudah ada...

- Selalu memiliki “dream” yang tinggi dan
“open-minded”...
- Karena oportiniti/kesempatan yang DILUAR KONTROL
kita, selalu “lewat” didepan kita...


Semoga bermanfaat.

Salam,
Budi_rachmat@yahoo.com

0 komentar