Saya yakin sebagian besar anda sudah tahu istilah Passive Income (PI) ini dari bukunya Robert Kiyosaki. Nah, untuk istilah Massive Income (MI) ini diperkenalkan oleh Pak Tung DW. Maksudnya adalah income yang bener-bener gede.

Saya pernah berbeda pendapat dengan Pak Tung soal ini. Saya berpendapat PI dulu yang harus dikejar. Menurut Pak Tung malah sebaliknya, MI dulu baru PI.

Waktu itu saya masih buka toko di Tanah Abang. Income saya masih sekitar 10 jutaan per bulan. Di samping itu saya juga aktif juga mencari PI diantaranya dengan membeli saham dan sebuah lahan perkebunan kelapa sawit di Jambi. Di samping itu saya juga ikutan sebuah perusahaan money game, GoldQuest. Sial, ketipu banyak juga saya di sini. Hasil dari semua itu memang nggak seberapa. Dari sawit dapat 1 jutaan per bulan. Dari saham lumayan juga. Sayangnya, di GoldQuest uang saya raip lebih dari 30 jutaan.

Menurut Pak Tung, yang harus saya lakukan adalah menciptakan mesin uang dulu untuk mendapatkan MI. Dan ini telah dibuktikannya. Waktu saya tanya asistennya, sekarang mobil Pak Tung ada berapa dan apa aja? Jawabnya, ada 4 yaitu Mercy, Alphard, Previa dan Panther. Wow, ini perubahan yang sangat drastis dibandingkan waktu masih pakai Panther Miyabi tua tahun 2003 lalu.

Mau PI dulu atau MI dulu sebenarnya relatif. Mana yang cocok aja. Saya sendiri tidak menyarankan untuk memilih salah satu. Kalau saya pribadi, cenderung memilih fokus di MI dulu, sambil mempersiapkan PI. Kalau ada uang nganggur, investasikan untuk PI. Tapi, kalau masih dibutuhkan untuk meningkatkan MI, optimalkan saja dulu. Begitu...

Salam FUUUNtastic TDA!
Let's create massive income NOW!

Roni

0 komentar