Usaha Mencari Akses Internet Murah Via GPRS

Sudah semenjak sebulan terakhir ini, saya mencoba mencari akses internet yang murah untuk digunakan di rumah. Pilihan utama saya adalah melalui GPRS. Ini dikarenakan saya memiliki seekor HandPhone yang kata beberapa orang di forum seperti kaskus atau forumponsel dinilai “bandel” bila digunakan sebagai modem, yaitu Motorola C380. Namun sayang handphone ini belum mensupport 3G.

Mulailah usaha pencarian saya. Awalnya setelah browsing sana-sini, saya berencana untuk menggunakan XL GPRS Unlimited seharga 275 ribu rupiah/bln (sudah berikut pajak) yang disediakan oleh XL dan quasar (MobileQu). Namun dalam perjalanan, saya menghentikan rencana ini karena pelayanan yang kurang memuaskan terutama dari pihak Agen tempat saya membeli paket perdana yang berkedudukan di Bogor. Hingga tanggal 21 Oktober, ketika saya menyusun postingan ini, belum juga aktif. Padahal waktu yang dijanjikan adalah sebelum tanggal 10 Oktober!! Saya merasa sangat dirugikan dalam kasus ini. Tapi sutralah…

Saya pun kembali ke pencarian, ternyata internet via GPRS disediakan oleh banyak sekali provider. Berikut beberapa yang saya ketahui:
1. Telkomsel, melalui program yang dinamakan Telkomsel Flash. Program ini mensupport 3G bahkan HSDPA. Paket yang ada antara lain
a. Paket 3 jam (30rb) yang harus habis dalam 1 hari.
b. Paket 24 Jam (100rb) yang harus habis dalam waktu 1 minggu.
Kedua paket ini dapat diakses lewat Simpati, Kartu As, maupun Kartu Halo
c. Paket 200 ribu
d. Paket 300 ribu
e.
nah, yang ini sayangnya cuma bisa diakses oleh pengguna kartu Halo
Bisa pula kalo kita mengakses tanpa paket, tapi tarifnya Rp. 12/kb. Terlalu mahal untuk pemilik budget paspasan seperti saya :(. apalagi klo hobi donlot. Bisa jebol pulsa hehehe..
Evaluasi : Untuk telkomsel FlashCepat, apalagi kalo coverage area 3G atau HSDPA menjangkau tempat anda. sayangnya di bogor belum tercover HSDPA, 3G pun sepertinya belum CMIIW. Apalagi saya belum punya modem 3G/HSDPA-nya. Terpaksa alternatif ini ditepikan dulu.

2. XL, seperti XL corporate yang menawarkan akses internet unlimited di kisaran harga 250 ribu rupiah/ bulan. Maupun lewat kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti cbn, quasar, andalas, centrin, dll, dengan tarif 275rb-350 rb/ bulan. Dapat pula kita akses internet dial upnya seharga Rp. 10/kb.
Evaluasi : Belum pernah menggunakan, tapi menurut beberapa penggunanya akses lambat (maks 64 kbps). Meskipun di coverage 3G. Selain itu masih cukup trauma dengan peristiwa yang saya alami, so sementara juga dicoret dari alternatif.

3. Indosat. Menawarkan 2 opsi berinternet ria melalui Mentari/IM3.
a. Volume based, tarif Rp.5/dtk, selama masa promosi hingga 8 Januari ini, tarif Rp.1,1/kb.
b. Time based, tarif 110/menit.
Layanan ini yang akhirnya saya gunakan ketika posting untuk livelynotebook. Untuk evaluasi dapat di lihat di posting selanjutnya.
Selain itu ada layanan GPRS via nomor indosat pascabayar seperti matrix yang berupa paket. Selengkapnya dapat dilihat di situs www.indosat.com

Layanan internet via GPRS juga disediakan oleh provider ponsel CDMA seperti Fren dan StarOne. Namun ini juga saya cabut dari daftar karena saya tidak memiliki modem yang sesuai.

Mudah-mudahan layanan yang akhirnya saya gunakan (Indosat) cukup baik dan memuaskan sehingga tak perlu cari lagi provider lain.

0 komentar